Sabtu, 28 April 2012

Memaknai Lambang Negara MERAH PUTIH - NKRI



Sahabatku rekan-rekan guru pejuang pendidik anak bangsa, Merah Putih itu adalah Falsafah yang dikenalkan pada jaman kerajaan Galuh yang kemudian dipergunakan sebagai Bendera Kerajaan yang disebut Tunggul Gula Kelapa oleh Majapahit, kemudian oleh para tokoh pendiri negara (founding father) kita mengukuhkannya kembali sebagai Sang Saka Merah Putih, panji kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia - NKRI yang kita nikmati kemerdekaannya hingga saat ini.



Merah Putih itu Falsafah, kodrat serta sejarah setiap sosok manusia, warnanya diambil dari NUR IBU (merah) dan NUR BAPA (putih). Kedua nur itu bersatu sehingga terwujudlah sosok manusia / anak. 

Karena itu Merah Putih membawa banyak makna yang berhubungan dengan leluhurnya dari manusia, yang antara lain adalah :

  1. Hormatilah ibu bapakmu supaya lanjut umurmu di bumi persada yang fana ini. Ini harus diajarkan secara istiqamah kepada anak cucu kita, sebab kita pun tak mau diingkari atau tak ingin anak kita ingkar serta tidak hormat atas kesalahan kita oleh anak-anak kita sendiri kelak,bukan ?
  2. Merah Putih mengingatkan supaya kita Jangan Sampai Melupakan Sejarah (JASMERAH), sejak awal mula dijadikan-Nya manusia / sosok manusia dari PenciptaNya,yakni Allah Ta'ala bermaksud agar manusia mengenal dirinya sendiri kemudian menggali apa yang harus dilakukannya semasa hidup sesuai dengan amanat TuhanNya.
Makna-makna lain seperti merah = berani, putih = suci dan sebagainya ada karena bangsa ini bangsa pejuang yang senantiasa siap menjunjung tinggi nilai, moral, akhlaq kehidupan yang disaripatikan dari aturan suci yang fitrah dari Sang Khaliq Allah SWT.
Disampaing itu, berbagai amanat yang terkandung tentunya masih sangat dalam dan wajib digali serta dihayati oleh seluruh anak bangsa, sejauh ini atas kelalaian kita karena terkesan oleh glamaur-nya kehidupan dunia serta banyak melupakan tugas-tugas keutamaan hidupnya,kita ini menjadi berjalan dalam lorong yang samar dan belum mampu menyelam sampai kedasarnya. Saya yakin Falsafah Merah Putih "PASTI" ada dalam setiap ajaran ke-Tuhan-an namun yang paling haq adalah Agama.Tauhid Dienul Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga:
Langganan
Get It