Sabtu, 28 April 2012

KITA BUAT BLOG YUK..! GO-BLOGS..MEMBUAT KITA SMART

Sebagai Pemula tentunya akan banyak ingin tahu dan bertanya bagaimana memulainya untuk memiliki blog sendiri? Nah,sambil kita bertanya-tanya tidak ada salahnya kalau kita coba berbuat dengan pola percobaan (trial and error) ya dengan harapan dari pengalaman yang kita dapat bisa menemukan kepuasan karena telah melewati berbagai kesulitan. Maka dari sanalah justru kita akan raih pengalaman yang berharga untuk kedepannya sehingga blog kita akan menjadi lebih pas dihati penggunannya. Panduan disini mengajak Anda langsung action tinggal perhatiakan conton screen gambar berikut:

Langkah 1 :  
Persiapan:
Untuk membuat atau memiliki Blog sendiri sudah ketentuan / wajib memiliki alamat email atau millis tetap milik sendiri. Sebagai lihat tampilan gambar 1 - untuk kali ini kami membuatnya akun lewat gmail.com. lihat pada Sign In tertera E-mail: majalengka.mgmppknsmp@gmail.com.

Langkah  2:
Isi Passwod sesuai yang Anda ingat pada alamat Email milik Anda,kemudian Klik Sign In



Langka 3 : Sign untuk jadi Blogger
a. Isi Display Name > Nama sesuai selera Anda dan Familier gambap diingat.
b. Klik > Notifikasi email
c. Klik, > I accpt
d. Klik > CONTINUE sepperti tanda panah (warna Kuning kemerahan)



Langkah 4:
Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, maka tinggal klik Memulai (warna Kuning kemerahan)


Langkah 5:
Berikutnya akan terhubung ke Google+ guna diminta Blog kita akan ditautkan ke mana untuk ditampilkan ke publik. Bila mau ditautkan tinggal centang (v) bagian Saya telah membaca semua dst..kemudian Klik Beralih sekarang juga.



Langkah 6:
Berikutnya akan tampil Edit Profil User > Bila mau pakai Foto Profil silahkan Pilih apa dari Komputer atau dari Web Avatar (untuk yang ini harus mengetahui link URLnya) Sebaiknya cukup pilih gambar/photo yang Anda miliki dari Komputer saja.

  • Kemudian cek dan isi Nama Tampilan , silahkan kasih nama sesuka Anda, misal disini kami pilih MGMP-PKN SMP MAJALENGKA.
  • Isi URL Beranda untuk alamat link Blog kita yang nantinya bisa kita jadikan alamat blog resmi di internet.
  • Silahkan isi bagian-bagian yang lain bila ingin dilengkapi,kalau ingin belakangan bisa kita tangguhkan untuk kita isi pada editing di kemudian hari. Jangan lupan Klik > Simpan Profil Anda


Langkah 7
Ciptakan Akun Google untuk Blogger kita. Bila ingin tidak ada masalah dengan Blog kita di kemudian hari cek kembali alamat E-mail resmi yang mau dipakai kita selanjutnya. Sebaiknya kata sandi atau Passwod diingat baik-baik dengan di catat untuk disimpan secara manual di buku harian. Setelah diisi Klik > tanda panah LANJUTKAN.



Langkah 8.
Konfirmasi Ulang Nama blog Anda, misal disini kami menuliskan pada Judul Blog: SELAMAT DATANG DI MGMP PKN SMP MAJALENGKA. Kemudian isikan kembali Link URL Blog yang Anda ingin pakai guna diketahui pihak lain nantinya. Misal disini ditulis dengan ada perubahan dari yang sebelumnya agar lebih pendek alamat blognya yakni, http://pknsmp-majalengka.blogspot.com. Cek ketersediaan sampai ada keterangan tersesia. Kemudian ketik dua kata diatas tadi pada kotak paling bawah,contoh;  pknsmp majalengka > Klik Dapatkan tantangan baru ; atau Dapatkan tantangan Audio: atau Dapatkan tantangan Visual. Pilihan ada pada para Blogger.


Langkah 9
Pilih template awal untuk tema yang akan digunakan, pilihan template (sesuai selera Anda yang nantinya akan jadi tema tampilan blog kita). Klik > LANJUTKAN



Langkah 10
Bolg Anda sudah Jadi >Klik MULAI BLOGGING seperti tampilan dibawah ini.


Anda akan masuk ke tampilan tayangan berikut ini:


Langkah 11.
Kita membuat rancangan postingan pertama dan Klik > Gambar Potlot di kotak untuk selanjutnya kita edit ulang guna postingan perdana. Kami membuat postingan perdana dengan judul Pembuka Kata, dengan tampilan tayangan berikut setelah sebelumnya teks diketik ditambah / insert gambar logo PKN kemudian disimpan dan selanjutnya dipublikasikan, maka untuk hasilnya Klik > lihat blog  dan tampil seperti ini:


Langkah 12
Setelah posting perdana Pembuka Kata sukses, kita coba lagi buat lagi postingan ke-2 dan tentunya bisa pula beberapa postingan berikutnya. Caranya Klik Disaign (gambar rumah disudut kanan paling atas) pilih tambah entry. Selanjutnya seperti pembuatan postingan pertama. Coba kita beranikan membuat teks artikel Memaknai Lambang MERAH PUTIH , tambah/insert gambar dengan lewat input gambar petunjuk lihat disudut atas samping Link ada gambar pemandangan warna biru > ikuti proses upload > pilih gambar yang cocok. Contoh disini kami mengupload gambar dari Drive D komputer kami yakni Bendera Merah Putih bertuliskan Kami Bangga - INDONESIA dan ada ada sedikit perubahan template (coba-coba trial ke template lagi ) kemudian jangan lupa simpan dan publikasikan, tayangannya seperti ini:


Akhirnya, GO-BLOG SEDERHAN KITA SUDAH JADI..! Alhamdulillah. 

Anda semua pun bisa dan ini mudah serta bila ada keberanian dan kemauan yang keras akan menjadi hebat lagi nantinya. Terus kita coba lakukan postingan baru (Update), edit lagi selalu yang sudah kita tulis secara berkala serta jangan malu kita bertanya ke kawan-kawan kita yang sudah mahir buat Blogs atau Web. Dengan demikian, diharapkan lewat bergaull langsung atau pun tutorial Online maka hasilnya akan memuaskan dan beberapa blogger yang ahli bisa mendapatkan income / penghasilan dari karya-karya mereka setelah didaftarkan ke Adsense. Intinya membuat Blogs atau Web gunakan jurus GAUL.

Akhirnya pekerjaan merancang, merakit dan serta mempublikasikan Blog Pribadi ini cukup MUDAH bukan?
Untuk selanjutnya, silahkan tuangkan seambreg ide, gagasan, unek-unek dan buah pikiran jernih Anda lewat pengalaman hidup dan bekal ilmu pengetahuan yang telah kita miliki akan membuat kita semakin enjoy dalam menulis Anda. InsyaAllah, lewat coretan ekspresi kita maka orang lain pun akan mengambil manfaatnya. Pada tahap awal sebagaimana yang kami alami ya jujur saja semoga tidak haram, juga biasa memposting ulang dari hasil telusur ke para blogger lain. Namun jangan lupa bila melakukan postingan ulang lewat copas cantumkan sumber juga aslinya,etikanya ya kita harus menghargai hasil karya-karya mereka.

Demikian, InsyaAlloh ..Bila Anda Mau Pasti Anda Bisa..! Niatkan dan mari kita mulai.
Bismillah..

by: Pak Guru Tonjong

7 komentar:

  1. Siip...guru pkn maju terus.....

    BalasHapus
  2. hehehe..ayo bantuin dong..thanks atas atensinya ya..

    BalasHapus
  3. MGMP logo didieunamah tos robih janten TUT Wuri geuning ....

    BalasHapus
  4. Mugia bae status di fb, seratan blog... tiasa manfaat dunia akherat. Sepintas 2 Blog Majalengka nu tos lintas Nagara PENGUNJUNG-na: Status Pengunjung NIGN diantaranya .... Indonesia : 9.332, Amerika Serikat : 1.445, Rusia 208, Jerman 79, Malaysia 28, Britania Raya 26, Jepang 18, Belanda 16, Polandia 13, Brasil : 6 .....
    dan Blog MGMP TIK SMP/MTs Kab. Majalengka tos dikunjungi ti Nagara deungeunnn?!!!;

    Indonesia : 411 pengunjung
    Amerika Serikat : 3 pengunjung

    BalasHapus
  5. Luar biasa kang,eta pasihan kiat - kiat promona nya. Java Scrift kunjungan manawi aya..hehe

    BalasHapus

Baca Juga:
Langganan
Get It